Melatih Reaksi Kiper

Seperti yang sudah kita ketahui umumnya bahwa reaksi merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang kiper, termasuk kiper futsal maka sudah barang tentu kita membutuhkan menu latihan reaksi.

Seperti pada menu latihan kiper kebanyakan yang dominan dimana kita sulit untuk menemukan menu latihan yang bisa kita lakukan sendiri (tanpa orang lain) karena menu latihan kiper biasanya pasti membutuhkan 1 orang untuk membantu latihan.

Sebenarnya untuk latihan reaksi seorang kiper kita bisa memanfaatkan olahraga serta aktifitas lain loh berikut 4 cara mudah melatih reaksi diantaranya:

1. Beladiri

Dengan melatih beladiri akan melatih reaksi koordinasi tubuh seperti tangan dan mata contohnya. Jika ikut Tae Kwon Do malah bisa melatih kekuatan tendangan.

2. Berolahraga

Dengan berolahraga selain menjaga kebugaran tubuh, kita juga bisa  melatih koordinasi tubuh, misalnya

  • Tenis atau Badminton

Melatih kecepatan berlari, meningkatkan reaksi serta koordinasi antara tangan dan mata, dan juga reaksi sangat dibutuhkan untuk memukul/mengembalikan bola ke arah yang tepat.

  • Basketball

Melatih kedua tangan dan serta kecepatan kaki serta kelenturan pinggang dalam melakukan putaran.

  • Parkour

Meningkatkan koordinasi antara tangan, mata, kecepatan, dan kekuatan kaki, serta kemampuan dalam mengambil keputusan secara cepat.

3. Bermain Video Games

Video games dapat membantu koordinasi tubuh antara mata dengan tangan, dan game yang gue rekomendasiin buat kawan-kawan itu Guitar Hero berapapun lalu pilih level Expert bin tambahin Cheat Hyper Speed. Karena kecepatan dalam video games dapat mempengaruhi raksi mata dengan tangan.

4. Lempar Tangkap

Jika dari cara-cara diatas kawan-kawan masih juga kesulitan, maka cara terakhir adalah dengan melakukan lempar tangkap. Sediakan bola (rekomendasi bola tenis) lalu berdiri dengan tembok dengan jarak antara 2-3 meter. Lalu lempar dan tangkap bolanya (usahain lemparan keras jangan lemah), jika serasa apa yang dilakukan terlalu statis maka mintalah bantuan ke teman untuk melakukan hal ini.

Nah itulah 4 cara mudah dalam melatih reaksi, dan tentu akan sangat berguna untuk seorang kiper futsal. Semoga bermanfaat dan bagi kawan-kawan yang mau menambahan silahkan di kolom komentar dibawah

source: kaskus, experience

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: